Aqiqah Dalam Islam

Aqiqah jakarta selatan – Dalam aqiqah mengandung unsur perlindungan dari setan yang dapat mengganggu anak yang telah lahir tersebut dan ini sesuai melalui maksud hadits yang maksudnya “Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya”. Jika memang tidak sempat mengakikahi pada waktu lahir, misalnya karena tidak ada uang, sanggup di hari ke-21 ataupun seterusnya sampai seorang buah hati itu baligh. Ketika anak sudah baligh, maka orangtua sudah lepas sunahnya buat akikah. Ketika anak itu lahir lanjut Buya Yahya, sunah diakikahkan di hari ke-7 sambil diberi sebutan.

Tujuan dicari dan dipahami hadits-hadits tersebut supaya aqiqah yang dimulai benar-benar syar’i. Aqiqah jadi sebuah kewajiban bagi umat muslim yang memiliki anak baik laki maupun perempuan untuk menyembelihkan hewan seperti wujud terima kasih kepada Alloh SWT. Hikmah aqiqah ini diantaranya ialah berisi arti yang mempunyai sifat intrinsik sebagai sarana pendekatan untuk Allah. Sementara dalam sisi lainnya akikah berisi arti instrumental sebagai cara edukasi pribadi dan penduduk ke arah komitmen / juga pengikatan batin di amal shaleh. Tak selap bentuk sosial untuk jamaah miskin tidak boleh dilupakan.

Awd orang tua menginginkan buah hati yang shaleh, berbakti dan menyalurkan kebahagiaan untuk kedua orangnya. Aqiqah ialah salah satu acara urgen tuk menanamkan nilai-nilai ruhaniah tuk anak yang masih suci. Dengan Aqiqah diinginkan did banyi mendapat kekuatan, kesehatan bermunculan dan batin. Ditumbuhkan dan dikembangkan bermunculan lalu batinnya dengan nilai-nilai Ilahiyah. Dalam hal pelaksanaan aqiqah, jika orang tua gak memiliki kecukupan ekonomi hingga boleh dilakukan selain hari tersebut, bahkan bisa dikerjakan sampai anak tumbuh cukup umur dan baligh.

Berikan mereka makanan dan daging domba yang disajikan acara aqiqah. Dengan Aqiqah diinginkan sang bayi besok menjadi anak yang shaleh dan berbakti untuk kedua orang tuanya. Jika pokok ini dilakukan dengan tulus-ikhlash dan dijiwai nilai-nilai ruhaninya oleh kedua orang tuanya, pasti akan dominan bersama pertumbuhan sang bayi, terutama jiwa dan ruhaninya.

Saat telah baligh dan ternyata jamaah tua belum bisa mengaqiqahkan Sang anak, maka kesunnahan mengaqiqahkannya sudah hilang. Kelak jika kondisi ekonomi anak cukup untuk aqiqah, dapat dilakukan sendiri. Alhasil, hukum aqiqah setelah dewasa jadi gugur karena merupakan tanggung jawab orang tua lalu bukan anak. Terlebih, hukum aqiqah berlaku saat memasuki waktu yang dianjurkan.

Aqiqah bertujuan untuk menghilangkan uzur dari sang anak hingga fisik dan akhlak berkembang dengan baik. Selain itu, tujuan sedekah dalam hukum aqiqah bisa terlaksana. Aqiqah sendiri sebutan untuk rambut yang berada di kepala si bayi ketika ia lahir. Sedangkan, berdasarkan istilah artinya sesuatu yang disembelih ketika menggundulkan kepala si bayi.Nah jika kalian mencari aqiqah murah dan terpercaya kalian bisa menghubungi kami di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *