Aqiqah Anak Laki

tata cara aqiqah anak

Aqiqah jakarta selatan – syarat yang pertama adalah harus menanggapi jumlah hewan aqiqah. Guna anak laki-laki, hewan aqiqah yang disembelih adalah 2 ekor kambing atau kambing. Sedangkan untuk anak perempuan hanya butuh satu termuda kambing atau domba buat disembelih. Akan tetapi jika untuk anak laki-laki bukan mampu untuk menyembelih 2 ekor, maka seekor saja boleh. Jumlah kambing yang disembelih untuk aqiqah bertentangan antara anak perempuan serta laki-laki.

Akikah merupakan salah satu hal yang disyariatkan dalam agama Islam. Hal tersebut sesuai dengan pandangan mayoritas ustaz, seperti Imam Syafi’i, Kepala Ahmad dan Imam Raja, dengan berdasarkan dalil pada atas. Namun untuk suasana sekarang, kambing yang dipakai untuk akikah bisa saja lebih dari dua ekor, baik untuk bayi laki-laki maupun perempuan, sesuai dengan jumlah tamu undangan. “Tidak ada larangan untuk menggorok kambing lebih dari dengan ditetapkan, yakni seekor untuk anak perempuan dan dua ekor untuk anak laki-laki. Ulama lain berpendapat bahwa aqiqah adalah salah satu bentuk penebus terhadap budak yang dilahirkan, agar si bayi bisa terlepas daripada kekangan jin.

Menurut hemat penulis, jika seorang ayah mampu untuk memotong akikah pada hari ketujuh, maka sebaiknya ia menyembelihnya pada hari tersebut. Namun, jika ia tidak bisa pada hari tersebut, maka boleh baginya untuk menyembelihnya pada waktu kapan aja. Ini merupakan pendapat mayoritas ulama, sesuai hadis yang telah kami sampaikan pada atas.

Sedangkan Imam Malik berpendapat bahwa akikah anak laki-laki sama dengan akikah anak perempuan, yaitu sama-sama 1 ekor kambing. Ide ini berdasarkan riwayat bahwa rasulullah ﷺ mengaqikahi Hasan dengan 1 ekor kambing, dan Husein dengan 1 ekor kambing.

Dan kemudian ada perbedaan disana banyak kambing yang disembelih buat aqiqah berbeda antara bani perempuan dan laki-laki. Untuk Aqiqah anak perempuan orang2 tua cukup menyiapkan homo ekor kambing saja. Sedangkan berbeda dengan anak laki2 disyariatkan untuk menyembeli 2 ekor kambing. Maka penting bagi para orang uzur yang memiliki buah membenang mengenal tata cara aqiqah secara islami terlebih lalu untuk anak perempuan yang sesuai sunnah. Sebelum kami menyebutkan detail-detail dan tahapan-tahapan cara aqiqah anak perempuan, kami akan sedikit membaca pengeriatan aqiqah itu sendiri beserta hukumnya.

Untuk aqiqah anak perempuan pengampu menyiapkan homo ekor kambing. Sedangkan guna anak laki-laki, orang tua menyembelih dua ekor kambing. Fauna aqiqah memakai dua termuda kambing/domba untuk bani, provisional anak perempuan memakai satu ekor saja. Hal itu senada dengan hukum waris, dimana anak laki-laki memerintah mewarisi harta orang tuanya dua bagian, sementara anak wanita satu bagian.

Hewan nun digunakan untuk aqiqah lazimnya hewan ternak seperti kambing. Aqiqah dapat dilakukan pada hari ke-7, ke-14, ataupun ke-21 setelah kelahiran si bayi. Untuk bani diharuskan memotong dua ekor wedus, sedangkan anak perempuan homo ekor kambing. Bahkan, merasuk Nasaruddin, Rasulullah mendemonstrasikan unik contoh di dalam masyarakatnya bahwa anak laki-laki atau anak perempuan sama sekadar. Kalau sebelumnya anak hawa tidak pernah dirayakan akikahnya, Rasulullah merintis akikah guna anak perempuan meskipun wahid ekor kambing dan 2 ekor kambing untuk keturunan laki-laki.

Sebelumnya, kelahiran anak laki-laki selalu disambut dengan berbagai acara dan upacara. Sebaliknya, anak perempuan bukan pernah mendapatkan perayaan khusus.

Maka setelah Islam datang, status dan martabat hawa terangkat. Dari hadist lebih dari telah jelas disebutkan kalau aqiqah untuk bani diharuskan 2 ekor kambing.Jika kalian bingung mencari akikah murah dan profesional kalian bisa menghubungi kami di sini .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *